Tuesday 22 January 2019

Definisi Pengembangan SDM, Tujuan, Prinsip, Kendala dan Faktor yang Mempengaruhi

- Dina Review -





Definisi Pengembangan SDM
Menurut Sikula (2001) menyatakan bahwa pengembangan SDM mengacu pada kepentingan staf dan personil yang ada di dalam organisasi. Pengembangan SDM merupakan proses pembelajaran jangka panjang dengan menggunakan prosedur yang sistematis dan terorganisasi, dimana manajer
mempelajari pengetahuan konseptual dan teoritis, yang kemudian diimplementasikan dalam pengembangan SDM.
Menurut Flippo (2002) menyatakan bahwa pengembangan SDM merupakan suatu proses dari pendidikan dan pelatihan.
1. Pendidikan
a. Manajer Organisasi (Manajerial), pendidikan bagi manajer organisasi ditujukan dengan berfokus pada peningkatan kemampuan manajer organisasi untuk terampil dalam mengambil keputusan.





b. Staf Pegawai (Operasional), Pendidikan bagi staf pegawai operasional dapat dilakukan melalui pelatihan kerja dan apprenticeship, dimana pendidikan tersebut bertujuan agar dapat meningkatkan 

2. Pelatihan 
Pelatihan untuk meningkatkan keterampilan pegawai dalam mengemban pekerjaan tertentu sesuai dengan pekerjaan terakhir yang diemban oleh pegawai. Pelatihan juga dilakukan dalam rangka updating pegawai.
Tujuan Pengembangan SDM
A. Tujuan Pengembangan SDM Secara Internal
1. Meningkatkan produktivitas kerja
Produktivitas kerja pegawai dalam organisasi terkait dengan kualitas maupun kuantitas kerja yang dihasilkan. 
2. Melakukan efisiensi
Efisiensi dapat berupa tenaga, waktu, biaya dan bahan baku, serta berkurangnya kerusakan dari mesin-mesin sehingga efisiensi dapat dikatakan suatu tindakan yang sangat pentingdan berguna bagi organisasi untuk dapat meningkatkan labayang diinginkan organisasi tersebut.
3. Meningkatkan efektifitas
Organisasi yang efektiv adalah organisasi yang mampu merancang program pengembangan organisasi dan berhasil melaksanakan program-program tersebut melebihi harapan-harapan di dalamnya.
4. Pencegahan kerusakan
Melalui pengembangan SDM yang tepat, diharapkan kerusakan peralatan dan perlengkapan yang ada di kantor dapat dikurangi karena pegawai dapat memanfaatkan dengan baik peralatan dan perlengkapan yang ada di kantor.
5. Mengurangi kecelakaan kerja
Pengembangan SDM juga bermanfaat bagi pengurangan kecelakaan kerja. Dengan demikian, jika pegawai yang bekerja tidak mengalami kecelakaan, maka sudah dapat dipastikan bahwa pegawai tersebut sudah terampil dan profesional dalam mengemban pekerjaannya.
6. Peningkatan pelayanan internal
Pengembangan SDM yang tepat akan mampu meningkatkan pelayanan internal yang lebih optimal, terutama bagi pelanggan internal yaitu seluruh pegawai yang ada di dalam organisasi.





7. Moral pegawai
Dengan adanya pengembangan SDM maka moral pegawai diharapkan akan lebih baik, dimana keahlian dan keterampilan serta kemampuan yang dimiliki pegawai sesuai dengan pekerjaannya, sehingga pegawai bekerja bersemangat dan antusias dalam menyelesaikan setiap pekerjaan dengan hasil yang memuaskan bagi organisasi.
8. Karir
Melalui pendidikan dan pelatihan yang tepat bagi pegawai diharapkan akan memberikan kesempatan karir yang lebih luas, bahkan pegawai diberi kesempatan untuk duduk di level strategis yang ada di dalam organisasi.
9. Kepemimpinan
Pengembangan perlu dilakukan kepada pemimpin mengingat jabatan pimpinan memegang peran yang sangat vital.
10. Suksesi kepemimpinan
Pengembangan SDM juga akan menggerakan siklus kepemimpinan yang ada di dalam organisasi. Organisasi akan mendorong calon-calon pemimpin yang berasal dari internal organisasi untuk berkembang.
11. Kompensasi
Dengan meningkatnya kompetensi dan keterampilan SDM maka pekerjaan yang diemban pegawai akan lebih efektif dan efisien serta pegawai mampu mengemban pekerjaan lebih banyak, otomatis akan meningkatkan kompensasi yang diterima.






B. Tujuan Pengembangan SDM Secara Eksternal
1. Tuntutan pelanggan
2. Globalisasi
3. Persaingan bisnis
4. Semakin tingginya biaya pegawai
5. Semakin langkanya sumberdaya energi

C. Prinsip Pengembangan SDM
1. Motivasi
2. Laporan Kemajuan
3. Latihan
4. Perbedaan Individu

D. Kendala Yang Dialami Dalam Pengembangan SDM
1. Biaya
2. Waktu
3. Ketidakpuasan
4. Menentukan pegawai
5. Menentukan program pengembangan SDM
6. Perubahan kebutuhan pegawai
7. Perubahan kebutuhan organisasi
8. Perubahan lingkungan bisnis organisasi

E. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan SDM
1. Faktor internal
a. Visi organisasi
b. Misi organisasi
c. Strategi pencapaian tujuan
d. Sifat dan jenis kegiatan
e. teknologi yang digunakan

2. Faktor eksternal
a. Kebijaksanaan pemerintah
b. Sosio-budaya masyarakat
c. Perkembangan ilmu pengetahuan
d. Perkembangan teknologi

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentarmu di sini ^_^