Wednesday 25 March 2020

Cara menanam seledri amigo dari biji secara mudah dijamin berhasil 100%

- Dina Review -





Kali ini kita sharing pengalaman menanam seledri dari biji ya. Mudah dan gak ribet, biji seledri pun banyak di jual di toko bibit atau online shop pun buanyaaak.
Aku beli di online shop harganya murah sih kurang lebih Rp 10.000, pilih-pilih saja ya yang harganya promo. Nah secara jelas akan aku paparkan semuanya di sini dari awal hingga tumbuh subur..
Ini dia penampakan kemasan seledri amigo yang aku beli dari online shop langgananku tentunya.
Benih seledri amigo
Katanya ada 4.000 biji yah isinya, apa harus aku hitung? hehe... percaya deh isinya sampe banyak sekali kok. Untuk sekali tanam ini aku tidak menghabiskan banyak, sedikit sekali yang aku pakai dan tersisa masih sangat banyak.
Ini dia penampakan dari biji-biji seledri yang begitu unyu, siapa yang baru lihat? aku pun baru melihat bentuknya waktu itu, sebab biasanya kan tau udah jadi pohon dan ada ditaburan bakso sama sayur sop aja udah.





Selanjutnya, siapin polybag kecil, atau bekas cangkan minuman, atau wadah apapun yang bisa dipakai untuk menyemai bibit, kali ini aku gunakan polybag kecil, diisi tanah yang gembur banget. aku isi polybag dengan tanah setengahnya, taburi benih dikit aja seperlunya kemudian tutup lagi bagian atasnya dengan sisa tanah sampai polybag penuh, kaya gini nih
Nah itu isinya sudah ada benihnya ya, terus aku semprot sampe lembab gitu tanahnya. Disimpan d tempat teduh aja jangan langsung kena sinar matahari, masih belum kuat mereka. Jangan lupa tiap pagi dan sore semprot, jangan sampai basah banget sih cukup lembab aja tanahnya.
Dari penyemaian hingga tumbuh tunas-tunas kurang lebih 2 minggu ada, meskipun sudah muncul tunas, tetap simpan ditempat yang tidak terkena matahari langsung ya.





Tunas seledri di umur minggu ke 3 dan 4
Wow dari satu polybag kecil itu, bisa dibagi untuk 4 kelompok tuh dan nanti kita punya 4 pot taneman seledri di rumah. Oh iya kebetulan aku punya sekam padi di rumah, jadi aku tambahin diatasnya biar tanahnya gembur jadi mempercepat pertumbuhan seledrinya. Hati-hati saat memindahkannya, agar tidak mengganggu akar langsung pindahkan dengan tanahnya saja ya.
Seledri umur 2 bulan lebih
Taraaaa..... si bocah-bocah seledri sudah dewasa sekarang, sampai di beberapa pot aku pindahkan, pokoknya dari beberapa taburan biji seledri bisa sampe dapat banyak pot seledri aku tanem. 
Kalau sudah pada remaja seperti ini, mereka sudah boleh terkena sinar matahari tapi jang d tempat yang terlalu lama kena sinar mataharinya yah kasian entar layu terus mati. Aku simpen di pinggiran kolam, disana kena sinar matahari pada waktu pagi menuju siang saja dan itu cukup deh buat mereka. Jangan lupa juga yang rajin nyiram tiap pagi dan sore yah, agar subur tanahnya aku kasih sekam dan pupuk kandang. 
Selamat deh, kita sudah punya banyak stok seledri. Selain untuk masakan, Ibuku biasa merebus seledri untuk penurun tekanan darah tinggi, juga bagus untuk memelihara kesehatan ginjal. Banyak kan manfaatnya.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentarmu di sini ^_^