Thursday 7 February 2019

Makanan dan minuman di Malaysia ada teh tarik, nasi lemak, roti canay, martabak daging dan bakso tahu kuah

- Dina Review -





Ini baru sedikit saja street food di Malaysia yang berhasil aku abadikan, sebab yang lain-lainnya keburu habis duluan dimakan. Beneran cocok dilidahku, dan aku sampe sekarang kangen sama makanan di sana. Ada apa aja? Yuk aku ceritain
Tentu saja yang paling paling paliiiing wajib kamu lakuin ketika jalan-jalan di Malaysia adalah mencoba menu khasnya di sana. Syukur Alhamdulillah aku punya lidah yang mudah adaptasi jadinya ya menikmati banget kulineran di sana. Ini dia kulineran yang sempet aku cicipi





Nasi Lemak
Nasi lemak itu nasi dari beras yang dimasak dengan bumbu rempah dan santan (kebayang gurihnya), nah topping yang paling dasar adalah kacang tanah goreng, ikan teri goreng, sambal (enak bangeeet) dan mentimun. Setiap pedagang nasi lemak memiliki ciri khas masing-masing pada lauk tambahannya. Seperti yang aku makan ini
Nasi lemak
Lengkap kan, ada ikan teri goreng, kacang tanah goreng, sambal, timun dan lauk tambahan yang aku pilih adalah paru goreng. Lezatnya jangan ditanya, kamu bayangin aja nasinya yang udah gurih ditambah lauk-lauk gurih dan pedasnya sambal, wow bikin berkesan dilidah ampe sekarang. Sebenernya ada banyak pilihan lauk, ada sarden yang dimasak saus itu, sambal kentang, telur ceplok, paru goreng, bebas pilih dan dipatok harga kisaran RM 4 sampai RM 5.
Roti Canay
Aku coba di beberapa tempat, semua penjual roti canay pasti jual canay kosong artinya canay polos aja gak dikasih tambahan apa-apa, canay telur yaitu roti canay yang ditambah telur, yang jarang aku dapet tuh roti canay pisang, hanya dibeberapa tempat aja yang jual. Aku rekomendasiin kamu coba canay pisang kalau ke Malaysia, mantap lah.
Berikut ini canay yang aku beli disebuah kedai yang khusus menyajikan canay.
Roti canay telur
Roti canay telur ini disiram dengan kuah kari dhal. Sambel yang merahnya itu khas banget, gak pedes tapi aroma pedasnya ada (kok bisa ya?) aku menikmati dengan segelas air teh manis hangat ( Teh O suam).
Roti Canay Pisang
Terus canay pisang aku beli di restauran khas masakan India daerah Bukit Antarabangsa Ampang, dibelakang Supermarket Giant jadi penyajiannya pun berbeda.
Roti canay pisang, martabak daging di Bukit Antarabangsa
Roti canay pisang sudah tentu menggunakan pisang sebagai pelengkapnya. Setelah pisang dipotong-potong kemudian dimasukan kedalam adonan canay dan dilipat menjadi bentuk seperti di atas, dipanggang bentar. Pas kamu makan akan terasa manis dan aroma sedap buah pisang, paling enak kalau dicelupin kedalam susu kental manis yang sudah disediakan dipiring, atau dicelupin kuah kari dhal yang gurih ataupun kari yang sedikit pedas. Salah satu menu yang gak bisa kamu lupain.





Martabak Daging
Masih pada photo di atas, martabak daging yang aku pesan ini betul-betul martabak yang isinya full daging cincang, gurih dan tentunya makin nikmat dengan cocolan saus dari kuah dhal dan kuah kari.

Teh Tarik
Sambil menikmati canay pisang dan martabak daging gak bakal lengkap kalau minumnya bukan teh tarik. Dengan aroma teh, rasa pahit teh pun ada, susunya pekat, ini bisa dibilang salah satu minuman yang gurih. Diminum selagi hangat tentunya semakin menambah kenikmatan.

Bakso Tahu Kuah
Sebenernya bakso tahu kuah ini dijual oleh orang Indonesia di sana. Berada pada jajaran stand makanan.
Kuahnya seger, ringan gak berlemak. Isiannya cukup lengkap dengan bakso sapi, tahu besar, tetelan daging sapi, sawi dan bihun. Dilengkapi irisan cabe rawit menambah rasa pedas dan aroma yang menggugah selera.
Baru segitu dulu kulineran yang bisa aku share, tapi kalau kamu jalan-jalan ke Malaysia aku saranin pergi ke pasar malamnya sebab di sana banyak banget street food yang murah dan lezat. Oke see you
Thank's for join 💖

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentarmu di sini ^_^