Thursday 17 January 2019

Selat Solo Mbak Lies Kota Solo

- Dina Review -





Ih kurang piknik!
Nah kalau kamu mulai diingetin temen dengan kalimat itu, jangan jauh-jauh mikirin piknik ke luar negeri lah yah. Indonesia gak kalah banyak destinasi wisata yang keren. Tapiii terpenting wisata kulinernya tuh yang terbaik, tersedap dan teramah dikantong lah 
Kali ini aku mau ngereview pengalaman kulineran di Kota Surakarta, meskipun belum semuanya tercicipi, tapi ini sengaja biar ntar balik lagi ke sana nyicip makanan khas lainnya. Dari hasil pencarianku di google, dan akhirnya berlabuh di Warung Selat Solo Mbak Lies. Satu kata Amazing, kayanya bakal aku rekomendasikan sama keluarga kalau main ke Solo. Ini dia lokasinya


Berburu sesuatu yang viral itu seru dan happy ending ternyata. Aku lagi jatuh cinta sama makanan khas Kota Solo yang namanya Selat Solo di rumah makan Mbak Lies, jadi dinamai Selat Solo Mbak Lies.
Menu di Selat Solo Mbak Lies
Karena yang makan banyakan dan perutnya karet semua (termasuk aku) jadi ya menu dimeja juga hampir gak muat 😄
Petualangan berburu kuliner kali ini aku menempuh perjalanan Tasikmalaya - Solo bareng temen-temen kampus pake kereta Serayu ngambil jam 5 pagi sebab mau ambil jam 8 pagi kita kehabisan tiket kereta di webnya PT. KAI, untung Traveloka pinter nyariin tiket, makasih Traveloka 💖 solusi dari Traveloka ini keren, baru kali ini aku ngerasain transit dulu (maklum newbie), dari Tasik transit Purwokerto, sambung kereta Joglokerto nyampe di Purwosari.





Buat yang ngejar waktu pasti milih mesen ojol aja biar cepet (buset ojol Tasik - Solo). Tapiii karena tema kita mau vacation, aku sih sama temen-temen menikmati banget situasi ini, dan semakin sadar bahwa kita belum banyak tahu tentang wilayah-wilayah di Pulau Jawa, taunya Tasik - Jogja - Solo pake kereta api sekali naik langsung nyampe, jadi yang tahu ya kota itu itu aja, so pengalaman hari itu luarr biasaahhh. Baliknya juga gak sembarangan, masih pake booking tiket dari Traveloka kita dapetnya kereta api Malabar perjalanan malam. Harga mah gak bohong yah, pake ekonomi Solo - Tasik bisa berenti di 10 setasiun, tapi pas pake Malabar berentinya di 7 setasiun, cukup mengurangi rasa jenuh kalau pas prewis gitu. Ini penampakan kereta pas kita naik di Stasiun Solo Balapan, adem, sepi, kita banget. Tapiii nyampe di Stasiun Jogja, itu bener-bener gokil, semua orang pulang liburan pada bareng keluarga besarnya, bawa koper segede gaban, yaa ampun ampe puyeng aku ngeliat mereka naik-naikin koper ke bagasi. Disitulah kekuatan para suami diuji, dan para istri yang harus sigapnya menggendong bayi, wow amazing.
Pokonya keren nih kereta Malabar, makin bangga sama PT. KAI 💖
Kereta Api Malabar
Nah, singkat cerita ini nih waktu yang aku tunggu-tunggu. Makaaaaannnn....
Gampang banget nyari Selat Solo Mbak Lies, tinggal pake grab langsung ketemu.
Kesan pertama melihat penampakan tempatnya, pasti kamu bakalan bilang "woowww". Pemandangan kita dimajakan dengan berbagai pernak pernik hiasan guci kramik, konsep rumah makan yang beda banget dari rumah makan selat solo lain.
Rumah Makan Selat Solo Mbak Lies
Ini penampakan bagian depan Selat Solo Mbak Lies, keren kan. Duduk dikursi-kursi depan itu, rasanya pengen berlama-lama sambil menikmati angin sepoy-sepoy dan melihat hiasan-hiasan yang ada disitu. Liat gak guci besar yang mirip mangkok gede itu? Itu isinya air dan ada 'siwur batok' kalo dalam bahasa Sunda, bahasa Indonesianya gayung batok kali yah. Fungsinya untuk cuci tangan bukan untuk mandi lho.
Bangunan ke 2 di sebrang Selat Solo Mbak Lies
Jadi ada 2 bangunan, yang pertama itu termasuk tempat makan, dapur dan kasir. Yang kedua ini ada toko perlengkapan rumah yang serba tradisional dan tempat makan juga, dari yang aku lihat didalamnya bisa untuk keluarga besar atau ibu-ibu arisan yang lagi ngumpul bareng. Rame banget abisnya, pasti bikin betah.
Rumah Makan Selat Solo Mbak Lies
Ini bagian depan dari Rumah Makan Selat Solo Mbak Lies, karena suasana lagi liburan jadinya penuh banget. Kita sampe bingung milih tempat duduk, diarahkan sama mas-mas waitres disitu masuk ke dalam lagi, dan wow ternyata luas juga dan disediakan banyak tempak dduduk di sini. Cuman kalau bagian depan duduknya di kursi kramik sama meja kramik. Nah bagian dalamnya kita duduk lesehan pake bantal alas duduk gitu, mejanya tetep pake meja kramik.





Begini penampakan bagian dalamnya.
Bagian dalam Rumah Makan Selat Solo Mbak Lies
Ini keren banget, wow banget dan betah banget. Luas kan tempatnya. Nah kalian bisa liat tulisan merah di dinding "Di Saka" posisinya dekat meja makan disitu dan itulah nama meja kamu yang akan ditulis pada kolom nama meja di kertas orderan menu kita, di setiap meja dinamai dengan nama-nama yang unik dan berbeda satu sama lain dan harus ditulis di kertas orderan biar gak keliru lah ya. Kalau kamu kelaperan banget dan kepala udah pusing karena nahan laper, gak usah galau sebab disetiap meja disediakan cemilan, ada kacang mete goreng, emping melinjo, sosis solo, yang bisa kamu makan. Tapi jangan lupa tulis di kertas menu tambahan apa aja yang udah dicemilin tadi, jangan darmaji ya (dahar lima ngaku hiji) dosa tau.
Menu Makanan di Selat Solo Mbak Lies
Sekitar 10 menit saja satu persatu menu yang diorder udah datang. Gak pake lama kan, ada yang pesen es susu soda gembira, es campur rasa es teler, selat solo, tahu petis, selat galantin saus pedas. Semua aku suka, rasanya cocok dilidah aku. 
Selat Solo Mbak Lies
 Ini nih selat solo yang legend itu. Isinya ada daging bistik, semur telur, sayurannya wortel, buncis, daun salad, tomat, kentang goreng, mayonaise home made dan acar bawang sama mentimun, disiram dengan kuah manis gurih, jadi paduan rasa yang Solo banget. Bikin kangen.
Selat Galantin Solo Saus Pedas di Selat Solo Mbak Lies
Selat Galantin Solo Mbak Lies ini seger banget, isiannya ada sejenis rolade daging gitu, terus putih telur yang dibentuk jadi bunga cantik, lengakp dengan kentang goreng, wortel, buncis, daun salad, kacang polong, tomat dan mayonais home made, serta acar. Sausnya rasa asam pedas, jadi seger bangeeeet, aku suka.
Tahu Petis di Selat Solo Mbak Lies
Yang aku bayangin, tahu petis ini porsi buat ngemil. Ternyata sepiring penuh banget, wow untung kita pada perut karet, dan bisa masuk juga ni tahu petis ke perut sampe habis. Isinya ada tahu, mie kriting, dilengkapi sayuran daun salad, wortel, acar, kacang tanah goreng, kuah manis gurih. Dan ini porsi bisa bikin kenyang banget.





Es Campur di Selat Solo Mbak Lies
Kalau ini gak bisa lengkap aku sebutin satu-satu, abis dah nyampur isinya juga lengkap banget. Yang paling aku suka ada buah nangka disitu, wangi, manis, jadi rasa es teler gitu. Seger, manisnya pas, recommended.
Dari semuanya total bayar sekitar Rp100.000an lebih dikit, orang menu seabreg gitu terbilang murah dan terjangkau, ramah didompet pastinya.
Yang datang ke Solo gak lengkap kalau gak makan di Selat Solo Mbak Lies. Aku aja masih pengen banget nyobain satu persatu menu yang ada di sana, next kalau ada rezeki dan kesempatan. Terus bakal aku review lagi untuk kalian semua sebagai referensi wisata kuliner.
Thank's for join 💖

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentarmu di sini ^_^